Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Tim dari Geofisika UGM menjadi yang pertama dalam sejarah, melakukan pengukuran tomografi geolistrik dan Potensial Diri (Self Potential Method) di daerah Puncak Gunung Slamet, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah. Gunung Slamet, yang merupakan gunungapi tertinggi di Jawa Tengah menjadi target untuk diteliti, karena potensi ancaman yang dimiliki, mengingat sejarah erupsinya yang belum banyak ditelaah secara ilmu kebumian.

Melalui Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Pusat Unggulan Iptek Gunungapi UGM, yang dimotori oleh Peneliti dari Fakultas Teknik Geologi, Geofisika Fakultas MIPA dan Fakultas Geografi, memiliki tujuan untuk mengkaji secara lintas disiplin bahaya erupsi gunungapi di Indonesia. Berikut foto-foto menarik selama melakukan survey di puncak Gunung Slamet.

Tim dari Geofisika UGM berangkat dari Yogyakarta tanggal 4 September 2017 dan kembali ke Yogyakarta pada tanggal 10 September 2017.  Bermalam di Puncak, menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan YME selama 3 malam adalah pengalaman yang sangat berharga dan tidak akan terlupakan.