KBK Geosains Adakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMAN 1 Sanden, Bantul

Senin, 29 Juli 2024, Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Geosains Departemen Fisika melaksanakan salah satu pilar dalam Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Acara ini berlangsung di SMAN 1 Sanden, Bantul dengan dihadiri oleh para dosen, tendik, dan mahasiswa program studi Geofisika UGM, beserta guru dan siswa kelas 12 SMAN 1 Sanden.

PkM Geosains ini  berkolaborasi dengan kegiatan Geophysics Expedition (GE) x Outreach yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geofisika UGM (HMGF) dan Society of Exploration Geophysicist *student chapter*  (SEG UGM SC). Selain mengenalkan Program Studi dan Laboratorium Geofisika UGM, PkM kali ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan di Kecamatan Sanden yaitu intrusi air laut. Terdapat dua kegiatan utama dalam rangkaian PkM ini, yaitu sesi kelas dan sesi gabungan seluruh siswa kelas XII di aula.

Sesi kelas diisi oleh dosen dan tendik Geofisika yang ditunjuk sebagai narasumber. Pada sesi ini narasumber terpilih dibagi dalam 6 ruang kelas berbeda untuk menyampaikan materi pengenalan keilmuwan dan program studi geofisika. Kesempatan ini diharapkan menjadi salah satu referensi siswa kelas 12 dalam menentukan pilihan program studi di perguruan tinggi.

Pengenalan program studi dan laboratorium Geofisika UGM oleh Dr. Theodorus Permana

Acara dilanjutkan dalam sesi gabungan di aula. Mahasiswa program studi geofisika memaparkan materi intrusi air laut yang menjadi topik utama dalam kegiatan GE x Outreach. Intrusi air laut dapat menurunkan kualitas air tanah sehingga tidak dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Pada sesi ini  dipaparkan beberapa metode geofisika yang dapat digunakan dalam mendeteksi adanya sebaran intrusi air laut, yaitu metode *Induced Polarization* (IP) dan *Vertical Electrical Sounding* (VES). Pada sesi ini pula siswa dapat melihat dan mempelajari langsung instrumen yang digunakan dalam metode tersebut. Hadiah apresiasi turut diberikan pada siswa yang aktif dalam sesi ini baik yang bertanya maupun yang menjawab pertanyaan.

Siswa kelas 12 SMAN 1 Sanden menyimak pembukaan sesi kedua

PkM bertajuk pengenalan metode geofisika untuk deteksi intrusi air laut ini, diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat khususnya siswa di SMAN 1 Sanden terkait pencegahan intrusi air laut. Dr.rer.nat Ade Anggraini, S.Si., M.T. selaku koordinator KBK Geosains menyampaikan, “Ketika siswa memahami kontribusi dan manfaat suatu bidang ilmu secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, maka siswa bisa termotivasi untuk mempelajari bidang ilmu itu.  Geofisika dalam hal ini dapat berkontribusi dalam mengidentifikasi sebaran intrusi air laut di wilayah pesisir Sanden. Diharapkan pula  siswa SMAN 1 Sanden akan tertarik untuk belajar geofisika kelak di perguruan tinggi khususnya di program sarjana Geofisika Universitas Gadjah Mada.”

PkM ini ditutup dengan penyerahan memento dari Prodi / Laboratorium Geofisika lalu diakhiri sesi foto bersama. Melalui kegiatan ini, siswa-siswa di SMAN 1 Sanden memperoleh referensi dalam menentukan studi lanjutnya, sekaligus melihat pemanfaatan langsung metode geofisika dalam pencegahan intrusi air laut di wilayah mereka. Hal tersebut mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas, serta poin 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan dalam sisi peningkatan pengetahuan dan teknologi.

Penyerahan memento oleh Dr. Eddy Hartantyo kepada perwakilan SMAN 1 Sanden

Kontributor : Dr. rer. Nat. Ade Anggraini, Shellya Dewi A

Foto : Shellya Dewi A

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.