Workshop Penulisan dan Motivasi: Meningkatkan Kompetensi dan Semangat Akademik Mahasiswa Doktor Fisika

Yogyakarta, 16 Juli 2024 – Program Studi Doktor Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar “Workshop Penulisan dan Motivasi untuk Mahasiswa Doktor” bertempat di Ruang A106 FMIPA UGM. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penulisan ilmiah dan memberikan motivasi kepada mahasiswa doktor dalam mencapai kesuksesan akademik dan karir pasca lulus.

Workshop ini diawali dengan registrasi dan sambutan dari Prof. Dr. Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng. selaku Ketua Departemen Fisika. Selanjutnya, Ketua Program Studi Doktor Fisika UGM, Prof. Sholihun, S.Si., M.Sc., Ph.D.Sc., memaparkan materi keprodian terkait dengan skema studi hingga disertasi, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Setelah sesi coffee break, materi pertama yang bertema “Strategi Penulisan Karya Ilmiah” disampaikan oleh Dr. Riris Istighfari Jenie, M.Si., Apt. Dr. Riris memberikan langkah dan tips penulisan manuskrip artikel ilmiah yang baik dan benar. Beliau juga turut memaparkan struktur publikasi ilmiah, tantangan, hingga strategi yang harus dipersiapkan based on experience. Para peserta antusias dalam berdiskusi di sesi tanya jawab.

Memasuki materi kedua, I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D. menyampaikan materi yang bertema “Strategi dan Motivasi Mahasiswa Doktor untuk Mencapai Kesuksesan Akademik dan Karir Pasca Lulus”. Beliau mengemas perjalanan jenjang pendidikan doktor menjadi alegori yang menarik. 

Dengan Ph.D, Anda berkontribusi sehingga lingkaran pengetahuan manusia berubah. Itulah yang disebut dengan Novelty. Anda melihat dunia pengetahuan telah berkembang signifikan”, tutur I Made Andi.

Tak hanya itu, beliau juga sharing seputar 10 tips dalam memenangkan kehidupan akademik dan karier profesional setelah doktor. Pada materi kedua ini juga diikuti dengan sesi tanya jawab yang cukup interaktif.

Setelahnya, Program Studi Doktor Fisika UGM menghadirkan Dr. Dwi Nugraheni Rositawati yang berbagi pengalaman dan wawasan dari perjalanan akademiknya pada sesi alumni. Dr. Dwi Nugraheni membagikan berbagai proses optimasi dalam menempuh studi S3 yang dikemas dalam 3 fase, yaitu fase awal, fase tengah, dan fase akhir.

Menandai berakhirnya rangkaian acara yang penuh dengan pembelajaran dan inspirasi, kegiatan ini ditutup dengan foto bersama. Workshop ini mendukung beberapa pilar SDG dengan memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar bagi semua. Melalui peningkatan kompetensi penulisan ilmiah dan motivasi akademik, workshop ini membantu mahasiswa doktor dalam mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Tentunya, workshop ini mendorong inovasi dan penelitian yang dapat berkontribusi pada pengembangan industri dan infrastruktur yang berkelanjutan. Para peserta diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang relevan dan bermanfaat untuk kemajuan teknologi dan industri. Kegiatan ini juga mencerminkan kemitraan yang kuat antara dosen, alumni, dan mahasiswa dalam upaya mencapai tujuan bersama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian. 

Penulis: Rafida Salma Rahmawati

Foto: Rafida Salma Rahmawati

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.