Departemen Fisika UGM Gelar Workshop Asesmen Lapangan dalam Rangka Persiapan Akreditasi ASIIN

Departemen Fisika mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan standar akademiknya dengan menyelenggarakan workshop komprehensif yang berfokus pada asesmen lapangan, sebuah aspek penting dalam proses akreditasi ASIIN. Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu, 21 Februari 2024 ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa, bertujuan untuk memperkuat praktik asesmen Universitas dan memastikan keselarasan dengan persyaratan akreditasi. Workshop ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), sebuah kerangka kerja global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, terutama nomor 4 yang terkait dengan Pendidikan Berkualitas.

Foto Para Dosen dan Mahasiswa yang sedang mengikuti workshop persiapan ASIIN

Asesmen lapangan untuk akreditasi ASIIN akan dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 4 – 7 Maret 2024. Seiring dengan persiapan departemen untuk evaluasi akreditasi yang akan datang, wawasan yang diperoleh dari workshop ini akan meningkatkan upaya yang sedang berlangsung untuk menyempurnakan praktik penilaian dan menunjukkan kepatuhan terhadap standar akreditasi.

Dengan akreditasi yang menjadi ciri khas keunggulan akademik, workshop ini menggarisbawahi komitmen universitas terhadap peningkatan berkelanjutan dan kepatuhan terhadap standar yang ketat. Para peserta terlibat dalam diskusi mendalam dan latihan praktis, mengeksplorasi strategi untuk menilai hasil pembelajaran mahasiswa secara efektif, efektivitas program, dan kinerja institusi.

Prof. Roto, M.Eng, Ph.D., Dekan Bidang Akademik sedang mengisi workshop persiapan ASIIN

Prof. Roto, M.Eng, Ph.D., Dekan Bidang Akademik, menekankan pentingnya praktik penilaian yang baik dalam proses akreditasi, dengan menyatakan, “Akreditasi bukan hanya sekedar stempel persetujuan, namun merupakan bukti dedikasi kami terhadap kualitas dan akuntabilitas pendidikan. Penilaian lapangan memainkan peran penting dalam memberikan bukti komitmen kami terhadap kesuksesan mahasiswa dan keunggulan akademik.”

Keberhasilan workshop ini menggarisbawahi pendekatan proaktif Departemen Fisika terhadap kesiapan akreditasi dan komitmennya yang kuat untuk memberikan pengalaman pendidikan yang transformatif bagi mahasiswa. Dengan asesmen lapangan, sebagai landasan strategi akreditasi, Departemen Fisika menciptakan kemitraan dan kolaborasi yang sejalan dengan semangat tujuan SDGs nomor 17.

Penulis : Elida L. Istiqomah

Foto : Ahmad Fathan

Editor : 

Kata kunci : akreditasi, kualitas pendidikan, penilaian