SD IT BIAS Yogyakarta Kembali Jelajahi Fenomena Sains, Belajar Seru di Lab Fisika UGM

21 Agustus 2024, Laboratorium Fisika Dasar dan Laboratorium Geofisika UGM di bawah naungan Departemen Fisika UGM kembali menerima kunjungan dari siswa-siswi SDIT BIAS Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar serta mengenalkan kepada siswa terkait apa itu sains dan fenomena sains yang menyenangkan.  

Ratusan orang siswa SDIT BIAS Yogyakarta yang terdiri dari murid kelas 6, dibagi menjadi dua kelompok besar. Di ruang kalor, kelompok pertama diajak mengenal fenomena yang erat kaitannya dengan fisika. Dipandu oleh Bapak Dr. Eko Sulistya, M.Si. dan Bapak Idham Syah Alam, S.Si., M.Sc., Ph.D., siswa-siswi asyik mengikuti paparan serta peragaan percobaan fisika, seperti Gelombang-gelombang yang ada di kehidupan sehari hari 

Dokumentasi Kegiatan di Ruang Kalor dan Ruang Mekanika bersama Dr. Eko Sulistya, M.Si., Dr.rer.nat. Ade Anggraeni, S.Si., M.Si. dan Dr. Idham Syah Alam, M.Sc. menjelaskan dan melakukan eksperimen seru di fisika dan geofisika

Di ruang mekanika, kelompok kedua diajak mengenal lebih dekat dengan fenomena yang memiliki unsur ke-geofisika-an. Dengan antusias, siswa-siswi mendengarkan penuturan yang disampaikan oleh Ibu Dr.rer.nat. Ade Anggraini, S.Si., M.Si. terkait fenomena alam yang kerap terjadi di Yogyakarta, yaitu gempa bumi dan letusan gunung api. Siswa-siswi dikenalkan pada alat yang berfungsi untuk menangkap gelombang gempa (seismik) dari sumber getaran (seismik). Ibu Ade turut memaparkan aktivitas pengamatan gunung api aktif, misal Gunung Merapi, menggunakan alat peraga percobaan. Bapak Idham Syah Alam, S.Si., M.Sc., Ph.D. juga mengenalkan peragaan percobaan fisika, seperti tabung resonansi dan percobaan kisi.

Sesi selanjutnya, kedua kelompok bertukar ruang sehingga mendapatkan pengalaman sama dalam belajar sains yang menyenangkan di Fisika UGM. Kesempatan belajar bersama yang dilakukan di Laboratorium Fisika Dasar dan Laboratorium Geofisika UGM ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung pilar ke-4 dan pilar ke-17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terkait dengan pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Penulis: Ahmad Fathan

Foto: Rafida dan Dina

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.