Kunjungan mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim ke Departemen Fisika UGM

Hari Kamis, 16 Mei 2024 Departemen Fisika UGM Menerima Kunjungan Mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini dimulai dengan acara penyambutan dari Pihak Departemen Fisika UGM di ruang sidang 1 Departemen Fisika, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program studi Magister yang ada di Departemen Fisika yaitu Program studi Magister Fisika.

Pemaparan program studi Fisika disampaikan oleh Mirza Satriawan, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku ketua program studi Magister Fisika. Dalam pemaparannya para Mahasiswa diberi informasi tentang program studi Magister Fisika, daftar mata kuliah, fasilitas perkuliahan, tata cara pendaftaran program studi, beasiswa, jaringan alumni, jenjang karir dan lain-lain. Pemaparan program studi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat.

Foto – foto kegiatan di dalam ruang sidang 1 Departemen Fisika UGM

Setelah rangkaian acara penyambutan selesai, para mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan tour lab yang ada di Departemen Fisika UGM yaitu Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi dan Laboratorium Geofisika. Pada tour lab ini para mahasiswa diberi tahu kegiatan praktikum dan penelitian  apa saja yang ada di tiap laboratorium kemudian alat dan apa kegunaan alat yang berada di tiap laboratorium.

Foto – foto kegiatan tour lab (laboratorium geosains dan laboratorium fismatel) yang ada di Departemen Fisika

Adanya kunjungan UIN Maulana Malik Ibrahim, Departemen Fisika sebagai salah satu departemen yang ada di FMIPA UGM juga turut mendukung SDGs Poin ke – 4 (Pendidikan Berkualitas) dan Poin ke-17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Kunjungan ini tidak hanya memperkuat hubungan antara Departemen Fisika dan sekolah – sekolah, tetapi juga menjadi kesempatan bagi Departemen Fisika untuk berkontribusi secara langsung pada pendidikan di tingkat sekolah menengah dan pengabdian kepada masyarakat.

Penulis : Fathan

Foto : Rafida dan Dina

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.