PkM di SMA Negeri 1 Wuryantoro bertajuk ”Pembelajaran Fisika yang Menarik dan Inovatif

Pada Rabu, 28 Februari 2024, Departemen Fisika (DF) FMIPA UGM menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertajuk “Pembelajaran Fisika yang Menarik dan Inovatif” di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu fisika secara menarik kepada siswa kelas XI dan XII, serta memberikan motivasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

PkM tersebut merupakan tindak lanjut diskusi antara tim PkM DF dan sekolah pada 21 Februari 2024. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Wuryantoro, Dra. Endang Sunarsih, M.Pd., menyambut baik inisiatif ini serta mengakui pentingnya pembelajaran fisika yang menarik dan motivasi studi lanjut bagi siswa.

Materi dalam acara tersebut diberikan oleh perwakilan dosen dan mahasiswa serta didampingi oleh seorang PLP Cipto Driyo. Dra. Endang Sunarsih, M.Pd., berharap agar siswa mengetahui bahwa fisika yang biasanya ditakuti dapat dipelajari dengan menyenangkan. Selain itu, diharapkan siswa juga mengetahui aplikasi ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Pada sambutannya, Dra. Eko Tri Sulistyani, M.Sc., selaku koordinator tim, memberikan motivasi kepada siswa untuk tidak takut melanjutkan studi ke perguruan tinggi, khususnya di Program Studi (prodi) Fisika UGM.

Penyampaian materi dipandu oleh dua mahasiswa prodi Fisika Gilang Nur Rochman dan Vania Cetta Damayanti. Vania yang lahir dan besar di Wonogiri juga berbagi pengalamannya belajar di prodi Fisika UGM. Keberhasilannya diterima di UGM menunjukkan kepada siswa bahwa mereka juga memiliki peluang untuk studi di universitas ternama seperti UGM.

Pada sesi pertama, Dr. Chalis Setyadi, yang merupakan anak desa dari Gunungkidul yang kini menjadi staf pengajar di DF UGM, memberikan motivasi kepada siswa untuk tidak takut melanjutkan studi di perguruan tinggi. Pada sesi tersebut dijelaskan pula lapangan kerja yang terkait dengan fisika yang tidak banyak diketahui oleh siswa maupun guru.

Pada sesi kedua, Dr. Eko Sulistya membahas peran dan sikap siswa SMA dalam menghadapi kemajuan teknologi dengan memberikan contoh pengembangan teknologi Smart Home sederhana menggunakan sensor dan mikrokontroler ESP8266. Materi selanjutnya disampaikan oleh mahasiswa, yaitu Mega Andini dan Ghitha Nadhira Azka Rahiemy. Mega mempresentasikan penelitiannya tentang potensi membran konsentrat daun binahong untuk pembalut luka, sedangkan Ghitha menjelaskan tentang riset potensi graphene untuk pembangkit listrik.

Materi terakhir diberikan oleh Romy Hanang Setya Budhi, Ph.D. yang memaparkan tentang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan menyajikan eksperimen sifat-sifat fluida sederhana. Tim DF juga menyiapkan PLTS sederhana untuk didemonstrasikan di akhir acara. Para siswa mengikuti demonstrasi PLTS di luar aula serta berdiskusi dengan pemateri. Beberapa guru juga turut berinteraksi secara langsung pada saat demonstrasi PLTS.

Demonstrasi eksperimen sederhana sifat-sifat fluida oleh Romy Hanang Setya Budhi,Ph.D.

Refleksi materi oleh perwakilan siswa. Kemudian, foto bersama tim PkM DF, guru, dan siswa peserta kegiatan.

Dengan beragam materi yang disampaikan, diharapkan siswa tidak hanya teredukasi tentang fisika, tetapi juga termotivasi untuk melanjutkan studi di UGM. Melalui kegiatan ini, Departemen Fisika berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke 4 yaitu pendidikan yang berkualitas. Pengenalan PLTS kepada siswa dan guru juga turut menunjang pengembangan energi bersih dan terjangkau yang merupakan SDGs poin ke 7.

Tim PkM DF UGM berfoto bersama Dra. Endang Sunarsih, M.Pd., Kepala SMA N 1 Wuryantoro (tengah), serta Suratno, S.Pd., guru mata pelajaran Fisika (tengah).

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan wawasan baru kepada siswa SMA N 1 Wuryantoro, tetapi juga memperkuat hubungan antara universitas dan sekolah-sekolah di sekitarnya. Diharapkan, semangat kolaborasi ini akan terus berlanjut untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan.

Kontributor: Chalis Setyadi

Foto: Ghitha Nadhira Azka Rahiemy, Cipto Driyo,

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.