Jelajahi Fenomena Sains, Intip Keseruan Siswa-Siswi SD IT BIAS Yogyakarta di Fisika UGM

12 Februari 2024, Laboratorium Fisika Dasar di bawah naungan Departemen Fisika UGM menerima kunjungan dari siswa-siswi SD IT BIAS Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk membangun cita-cita serta motivasi siswa untuk semangat belajar, serta mengenalkan kepada siswa terkait apa itu sains dan fenomena sains yang menyenangkan.

100 orang siswa SD IT BIAS Yogyakarta yang terdiri dari murid kelas 5 dan kelas 6, dibagi menjadi dua kelompok besar. Di ruang kalor, kelompok pertama diajak mengenal fenomena yang erat kaitannya dengan fisika. Dipandu oleh Ibu Dr. Chotimah, M.Si. dan Bapak Dr. Eko Sulistya, M.Si., siswa-siswi asyik mengikuti paparan serta peragaan percobaan fisika, seperti koefisien gaya gesek antara dua buah benda, konversi energi listrik menjadi energi kalor, hingga rangkaian lampu pijar.

Dokumentasi Kegiatan di Ruang Kalor bersama Dr. Chotimah, M.Si. dan Dr. Eko Sulistya, M.Si.

Di ruang mekanika, kelompok kedua diajak mengenal lebih dekat dengan fenomena yang memiliki unsur ke-geofisika-an. Dengan antusias, siswa-siswi mendengarkan penuturan yang disampaikan oleh Ibu Dr.rer.nat. Ade Anggraini, S.Si., M.Si. terkait fenomena alam yang kerap terjadi di Yogyakarta, yaitu gempa bumi. Siswa-siswi dikenalkan pada alat yang berfungsi untuk menangkap gelombang gempa (seismik) dari sumber getaran (seismik). Ibu Ade turut memaparkan aktivitas pengamatan gunung api aktif, misal Gunung Merapi, menggunakan alat peraga percobaan. Bapak Idham Syah Alam, S.Si., M.Sc., Ph.D. juga mengenalkan peragaan percobaan fisika, seperti tabung resonansi dan percobaan kisi.

Picture5

Dokumentasi Kegiatan di Ruang Mekanika bersama Dr.rer.nat. Ade Anggraeni, S.Si., M.Si.  dan Idham Syah Alam, S.Si., M.Sc., Ph.D.

Sesi selanjutnya, kedua kelompok bertukar ruang sehingga mendapatkan pengalaman sama dalam belajar sains yang menyenangkan di Fisika UGM. Sembari memperhatikan peragaan percobaan oleh Bapak dan Ibu Dosen, siswa-siswi dilatih untuk menuliskan output dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) terkait percobaan apa saja yang telah didemonstrasikan.

Siswa-siswi mencatat detail percobaan pada Lembar Kerja Siswa (LKS)

Kesempatan belajar bersama yang dilakukan di Laboratorium Fisika Dasar UGM ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung pilar ke-4 dan pilar ke-17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terkait dengan pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Penulis: Rafida Salma Rahmawati

Foto: Ahmad Fathan, Dina Wardiningsih, Shofi Rahmadini

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.