Kunjungan MAN 1 Surakarta ke Departemen Fisika UGM : Meningkatkan Minat Siswa di Bidang Sains dengan Melakukan Percobaan Fisika Dasar

Hari Selasa, 6 Februari 2024, Departemen Fisika UGM menerima kunjungan dari MAN 1 Surakarta, kegiatan berlangsung di Laboratorium Fisika Dasar lantai 1 gedung Departemen Fisika. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa-siswi di bidang sains dan memperdalam pengetahuan tentang dasar-dasar pengukuran fisis di ilmu fisika. Departemen Fisika memfasilitasi Laboratorium Fisika Dasar sebagai wadah bagi siswa-siswi untuk melakukan praktikum.

Foto siswa dan siswi sedang melakukan pengukuran pada beberapa percobaan

Jumlah siswa yang berkunjung sebanyak 72 siswa yang dibagi menjadi 12 kelompok praktikum. Dalam setiap kelompok dipandu oleh asisten praktikum yang kompeten sesuai topik percobaannya. Siswa-siswi dijelaskan latar belakang topik percobaannya kemudian diajak untuk melakukan pengukuran, penyajian, analisis data hingga penyusunan laporan akhir praktikum.

Adanya kunjungan MAN 1 Surakarta ini, serta melibatkan siswa- siswinya dalam kegiatan praktikum, Departemen Fisika khususnya Laboratorium Fisika Dasar sebagai fasilitator juga turut mendukung SDGs poin ke – 4 (Pendidikan Berkualitas) dan poin ke-17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Kunjungan ini tidak hanya memperkuat hubungan antara Departemen Fisika dan sekolah – sekolah, tetapi juga menjadi kesempatan bagi Departemen Fisika untuk berkontribusi secara langsung pada pendidikan di tingkat sekolah menengah dan pengabdian kepada masyarakat.

Penulis : Ahmad Fathan

Foto : Ahmad Fathan

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.