Departemen Fisika dengan PRTA BRIN Melangsungkan Diskusi Kerja Sama

 

Pada tanggal 2 Agustus 2022 Departemen Fisika mengadakan diskusi dengan Kepala Pusat Riset Teknologi Accelerator, BRIN. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang departemen Fisika. Dalam pertemuan tersebut hadir tim dari PRTA BRIN yaitu Kepala Pusat Riset Teknologi Akselerator BRIN, Muhammad Rifai, Ph.D, M.Eng, dan kepala  kelompok penelitian di bawah PRTA BRIN yaitu Dr. Imam Kambali, Ph.D,  Emy Mulyani, Ph.D, dan Idrus Abdul Kudus. M.Sc. Sedang dari Departemen Fisika hadir Dr. Kuwat Triyono, Ketua Departemen Fisika Dr. Edy Suharyadi serta para Kaprodi di Departemen Fisika.

Pada pertemuan tersebut disosialisasikan program-program di PRTA BRIN dilanjutkan dengan diskusi tentang kerja sama yang telah dilakukan dan kemungkinan Kerjasama baru yang dapat dilakukan antara PRTA BRIN dan Departemen Fisika. Kerja sama antara PRTA BRIN dan Departemen Fisika sendiri sebenarnya telah terjalin sejak lama, sejak masih bernama PSTA di bawah naungan BATAN dan sampai kemudian menjadi PRTA yang merupakan bagian dari Organisasi Riset Tenaga Nuklir  yang tergabung dalam BRIN.

Topik-topik penelitian di PRTA sebagian besar berkaitan erat dengan topik-topik penelitian dosen di departemen Fisika dan merupakan aplikasi dari mata kuliah-mata kuliah di Departemen Fisika FMIPA UGM. Tak heran jika banyak mahasiswa di Departemen Fisika yang magang maupun melakukan tugas akhir di PRTA, BRIN.  Pada tahun awal tahun ajaran 2022/2023 ini Prodi Fisika telah melaksanakan program MBKM di PRTA untuk yang ketiga kalinya. Adanya perubahan-perubahan struktur di dalam PRTA tidak menyurutkan keberlangsungan kerja sama antara PRTA BRIN dengan departemen Fisika. Adanya sosialisasi dan diskusi antara Pimpinan PRTA dan Pimpinan di Departemen Fisika diharapkan dapat menjembatani permasalahan yang mungkin terjadi dan dapat meningkatkan kerja sama antara PRTA dan Departemen Fisika FMIPA UGM pada tahun-tahun ke depan, sehingga terjadi sinergi antara para peneliti di PRTA, BRIN dan dosen di departemen Fisika.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.