Best Paper and Best Presenter Award : The 3rd Asia Conference on Material and Manufacturing Technology 2021

 

The 3rd Asia Conference on Material and Manufacturing Technology 2021 yang diselenggarakan oleh Waseda University Tokyo Jepang dan bekerja sama langsung dengan beberapa Universitas seperti Georgia Institute of Technology USA dan Okayama University Jepang telah berlangsung selama tiga hari pada tanggal 20-22 Desember 2021. The 3rd ACMMT merupakan forum internasional bagi para ahli di bidang akademis, industri, dan pemerintah untuk mendiskusikan ide-ide baru, hasil penelitian, aplikasi dan pengalaman pada semua aspek Material dan Teknologi Manufaktur. Konferensi ini mengangkat beberapa topik utama yaitu Modeling, Analysis, and Simulation of Manufacturing Processes; Earthquake Resistant Structures, Materials and Design; Tooling Testing and Evaluation of Materials; Microwave Processing of Materials; Energy Machinery and Equipment; High-speed/Precision Machining and Inspection Technology; dan lain-lain. Kegiatan ini sebelumnya direncanakan secara luring di Waseda University Tokyo Jepang, namun akibat pandemic covid-19 sehingga kegiatan tahunan ini harus dilaksanakan secara online melalui platform zoom.

Pada pelaksanaan konferensi, Setiap harinya terdapat dua agenda utama yakni speech session yang berisi presentasi oleh Keynote-speakers – para ahli yang mempunyai reputasi yang sangat baik pada bidangnya, paralel session yang berisi kegiatan presentasi dari sebanyak 59 paper lolos seleksi yang diusung oleh setiap peserta yang berasal dari kurang lebih 18 negara dan Video Session oleh 6 peserta dari 3 negara. Salah satu peserta yang berhasil melewati tahap seleksi adalah Rivaldo Marsel Tumbelaka, mahasiswa Magister Fisika FMIPA dengan paper-nya yang berjudulGreen Synthesis of Fe3O4/TiO2 Nanoparticles using Extracts of Moringa Oleifera: Microstructural and Optical Properties” dan berhasil menorehkan prestasi sebagai The Best Presenter (Excellent Oral Presentation) and the best paper. Paper ini juga ditulis oleh beberapa co-authors diantaranya Ni’matil Mabarroh dan Nurul Imani Istiqomah dibawah bimbingan Dr.Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng.

Penghargaan ini disampaikan oleh Prof. Xiaohong Zhu, Sichuan University, China selaku Organizing Committee of ACMMT 2021 pada akhir acara sekaligus closing ceremony. Beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi peserta yang hadir dan saling berbagi ilmu pengetahuan dari setiap diskusi. Semoga setiap peserta mendapatkan pengalaman dan wawasan berdasarkan bidang riset yang ditekuni dan besar harapan juga semoga konferensi ACMMT ini dapat dapat dilaksanakan secara luring dengan kondisi yang lebih baik.