Mahasiswa S2 Fisika UGM sebagai The Winner of Student Paper Award pada Konferensi Internasional ODF 2021

International Conference on Optics-photonics Design & Fabrication (ODF) 2021 yang diselenggarakan oleh  Departement of Optics and Photonics, National Central University (NCU), Taiwan dan Optics Design Group of the Optical Society of Japan (ODG) telah berlangsung selama tiga hari pada tanggal 1-3 Juni 2021. Konferensi ini mengangkat empat topik utama yaitu Optical Design/Simulation/Fabrication, Optical Component, Optical System dan New Technologies serta direncanakan dapat terlaksana secara luring di gedung Kwoh-Ting Optics and Photonics, NCU. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini dialihkan menjadi daring dengan menggunakan platform Webex.

Dalam tiga hari pelaksanaannya, setiap harinya dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi paper presentation dan sesi poster presentation. Kegiatan ini diikuti oleh 160 peserta yang terdiri dari 31 peserta Student Paper dan 129 peserta Student Poster yang telah melewati tahap seleksi. Salah satu peserta yang berhasil melewai tahap seleksi Student Paper adalah Andi Marwanti Panre, mahasiswa Magister Fisika FMIPA dan  berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Winner of  the Student Paper Award dengan  mempresentasikan artikelnya pada bidang New Technologies yang berjudul Magneto-Optic Surface Plasmon Resonance (MOSPR) Properties of Core-shell Fe3O4@Ag Nanoparticles dibawah bimbingan Dr.Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng.

Sesuai dengan temanya yaitu “Collaboration and Competition Make Progress”  kegiatan ini juga dihadiri oleh para ahli dari beberapa perusahaan ternama dalam bidang Optics-Photonics Technology seperti Bernard Kress (Microsoft/USA), Vladan Blahnik (Carl Zeiss AG/Jerman), Norihiro Ohse (SONY/Jepang), Yusuke Nakamura (Hitachi/Jepang) dan 20 presenter tamu lainnya yang memaparkan produk yang sedang dikembangkan dan penelitian terkini dari setiap perusahaan. Hal ini dimaksudkan  untuk mempertemukan para scientists dan engineers untuk bertukar ide demi keselarasan antara teknologi dan lingkungan.

Habiki Tatsuno (Ricoh Company/Jepang) selaku penanggung jawab menutup acara dengan ucapan terima kasih atas antusiasme peserta dan besar harapannya agar konferensi ODF selanjutnya dapat berlangsung secara luring dengan kondisi yang lebih baik

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.