Unit Layanan Fisika Dasar melayani Praktikum Fisika Dasar untuk mahasiswa semester I dan II Jurusan Fisika dan mahasiswa dari luar Jurusan Fisika, baik dari FMIPA maupun dari luar FMIPA dilingkungan UGM.

Dharma Pendidikan dan Pengajaran dilaksanakan dengan praktikum mandiri (open ended) dan praktikum kolektif. Praktikum open ended dilaksanakan dengan cara mahasiswa menyiapkan alat, melakukan eksperimen dan analisisnya secara mandiri, sedangkan topik praktikum diberikan oleh pembimbing.

Praktikum reguler dilaksanakan secara kolektif, dilaksanakan sesuai jadwal dan dibimbing oleh asisten dan dosen. Praktikum model ini diikuti oleh 1400 mahasiswa di semester I dan 800 mahasiswa di semester II, yang tergabung dalam kelompok Praktikum Fisika Dasar bagi mahasiswa selain jurusan fisika. Saat ini, Praktikum Fisika Dasar diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas. Fakultas tersebut adalah Kedokteran Hewan, Biologi, Geografi, Teknik, Pertanian, Teknologi Pertanian, peternakan, dan MIPA jurusan Kimia dan Matematika.

Praktikum semi open-ended, merupakan praktikum espons dengan penekanan pada kemandirian peserta. Praktikum model ini dievaluasi dengan test awal, praktikum, jurnal, laporan dan esponse. Praktikum fisika dasar untuk jurusan fisika menggunakan cara semi open ended.

Unit Layanan Fisika Dasar juga memberikan workshop tentang praktikum Fisika Dasar dan teori ralat kepada siswa SMU dan dosen dari perguruan tinggi swasta. Unit ini juga memberikan layanan pembuatan alat praktikum fisika dasar, serta memproduksi buku panduan praktikum dan hand outs Fisika Dasar.

Informasi Laboratorium

Contact person : Dr. Yosef Robertus Utomo, S.U.

Email : lab-fd.mipa@ugm.ac.id

Telepon : 0274-6492380

Web : silab.ugm.ac.id/fo/laboratorium/detail/98

Alamat : Komplek FMIPA UGM Gedung Fisika Lantai 1, Sekip Utara Bls 21, Yogyakarta 55281