Diumumkan, khususnya bagi calon mahasiswa S2 Prodi Fisika UGM, mengenai dibukanya Program Gelar Ganda (Double Degree Program – DDP) antara Departemen Fisika UGM dan Graduate School of Natural Science and Technology, Kanazawa University Japan.
Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah Mahasiswa Program Studi S2 Fisika UGM Angkatan 2017/2018 yang sudah dinyatakan diterima oleh Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM. Program Gelar Ganda ini adalah program dalam bidang Master Fisika dan dalam bidang Master Sains Komputasi.  Setelah menyelesaikan program, mahasiswa akan mendapatkan dua ijazah sekaligus, yaitu Master of Science (M.Sc.) dalam bidang fisika dari UGM dan Master Computational Science (M.C.S.) dari Kanazawa University Japan. Program DDP ini berlangsung selama dua tahun perkuliahan (termasuk penyelesaian tesis) dengan setahun perkuliahan di Departemen Fisika UGM dan setahun berikutnya di Kanazawa University Japan. Tersedia beasiswa dengan jumlah terbatas bagi mahasiswa yang memenuhi syarat. Periode pendaftaran dimulai tanggal 24 s.d. 28 Juli 2017. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dapat dilihat di halaman web http://cmpsci.s.kanazawa-u.ac.jp/DDP/.

Terkait pendaftaran program tersebut, Departemen Fisika memberikan beberapa tambahan informasi sebagai berikut :

  1. Mahasiswa yang tertarik diharap secepatnya mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  2. Selain mempersiapkan dokumen sebagaimana yang disebutkan dalam tautan, mahasiswa yang berminat diharapkan dapat mengumpulkan pula versi scan semua dokumen yang harus diserahkan. Dokumen tersebut harap diserahkan ke petugas di kantor administrasi Departemen Fisika dan diungggah melalui halaman web http://fisika.fmipa.ugm.ac.id/double-degree-program/.
  3. Pengumpulan dokumen asli dapat dilakukan ketika atau setelah masa pendaftaran, yaitu paling lambat tanggal 9 Agustus 2017.
  4. Pertanyaan lebih lanjut mengenai program ini dapat ditujukan ke alamat email: mirza@ugm.ac.id (Mirza Satriawan, Ph.D.)

Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.