Departemen Fisika UGM Gelar Bootcamp Academic Writing & Career untuk Mahasiswa Pascasarjana Fisika

Pada hari Jumat, 30 Agustus 2024, Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (UGM), mengadakan Bootcamp Academic Writing & Career yang ditujukan khusus bagi mahasiswa Magister dan Doktor Fisika UGM. Acara ini berlangsung di Grand Rohan Hotel, Yogyakarta, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Acara ini menghadirkan dua pembicara utama, yaitu:

  1. Dr. rer. nat. Herlan Darmawan, M.Sc – yang akan memberikan materi tentang Academic Writing. Sesi ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah berkualitas, baik untuk publikasi nasional maupun internasional.
  2. Dr. Widiastuti Setyaningsih, S.T.P., M.Sc – yang akan membawakan topik Academic Career, mengarahkan para mahasiswa dalam merencanakan dan mengembangkan karier akademik setelah menyelesaikan studi pascasarjana.

Mahasiswa yang ingin mengikuti acara ini diwajibkan untuk membuat poster penelitian dalam bentuk PDF sebagai salah satu syarat pendaftaran. Bagi mahasiswa yang sudah memiliki draft paper, mereka dapat membawa dan mengkonsultasikan karya tersebut saat acara berlangsung.

Bootcamp kali ini berjalan dengan lancar dan mahasiswa yang mengikuti acara bootcamp ini menunjukkan antusiasme yang tinggi sepanjang kegiatan. Selain mendapatkan materi dari para pembicara, mereka juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka secara singkat. Setiap peserta diberikan waktu 3 hingga 5 menit untuk memaparkan poster atau draft penelitian yang telah mereka buat.

Setelah semua presentasi selesai, panitia memilih presentasi terbaik berdasarkan kriteria inovasi, kejelasan penyampaian, dan potensi kontribusi ilmiah. Hadiah menarik disediakan bagi mahasiswa dengan presentasi paling unggul, sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan prestasi mereka.

Prof Sholihun, selaku Ketua Program Studi Doktor Fisika UGM menyampaikan “Dengan adanya bootcamp ini, diharapkan para mahasiswa pascasarjana Fisika UGM dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis karya ilmiah dan mempersiapkan karier akademik para mahasiswa di masa depan. Kedepannya apabila acara ini dirasa bermanfaat bagi para mahasiswa, maka acara seperti ini akan rutin digelar ” Ujar Prof sholihun

Bootcamp ini menjadi ajang pembelajaran sekaligus momen bagi para peserta untuk saling bertukar pikiran dan memperkaya pengalaman akademik para Mahasiswa. Acara ini mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada poin berikut: SDG 4: Pendidikan Berkualitas – Bootcamp ini berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, terutama dalam mempersiapkan mahasiswa pascasarjana untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan diakui secara internasional. Hal ini selaras dengan target SDG 4, yaitu memastikan inklusi dan kesetaraan pendidikan yang berkualitas bagi semua, serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup.

Penulis : Ahmad Fathan

Foto : Ahmad Fathan

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.