Manfaatkan Peluang Teknologi, Pertamina Hulu Mahakam dan FMIPA UGM Terus Mengembangkan Studi Terkait Machine Learning

Kegiatan laporan kemajuan kerja sama riset “Handil dan Sisi Pore Pressure Fluid Geomechanics Machine Learning” antara PT Pertamina Hulu Mahakam dan Fakultas MIPA UGM melalui Laoratorium Geofisika telah berlangsung pada Kamis-Jumat, 8-9 Agustus 2024 di Auditorium Lantai 1 Fakultas MIPA UGM. Acara ini dihadiri oleh Rio Sitorus selaku Manager Well Operation, Petrophysics and Data Management serta empat orang tim riset PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Wiwit Suryanto selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Sudarmaji selaku Ketua Program Studi Geofisika FMIPA UGM sekaligus project leader kerja sama ini, dan anggota Tim Riset Laboratorium Geofisika UGM.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan hari pertama berisi kegiatan laporan kemajuan riset dan diskusi dan pembahasan rencana target kedepannya, serta hari kedua berisi demo software pengembangan Machine Learning Pore Pressure Fluid Geomechanics dan kunjungan ke Laboratorium Geofisika UGM.

Demo Software Pengembangan Machine Learning dan Kunjungan ke Laboratorium Geofisika (09/08)

“Kerja sama ini sangat penting bagi kami karena secara teori mestinya kami jauh dari praktisi akademik dan pengalaman-pengalaman dalam project yang telah bapak lakukan tentu akan menjadi fresh idea bagi kami yang memang belum pernah kami lakukan. Selain itu, mengingat terbatasnya engineer di PHM membuat kerja sama ini sangat membantu meringankan pekerjaan kami dengan segala kesibukan kami walaupun hanya 40 persen. Harapannya, dengan hasil pengembangan teknologi ini, PHM yang sudah menjadi kiblat Pore Pressure di Indonesia dapat terus menjadi pautan untuk industri-industri yang lain,” ungkap Rio Sitorus dalam sambutan pembuka pada hari pertama.

Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Wiwit Suryanto, menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan kegiatan yang penting karena harus menjawab challenge yang diberikan perusahaan sambil memenuhi misi besar Fakultas MIPA.

“Jadi, salah satu misi besar Fakultas MIPA adalah bagaimana mahasiswa lulusan Fakultas MIPA dapat siap terjun ke dunia kerja. Salah satu cara ikhtiar kami adalah dengan melibatkan industri dalam riset kami yang melibatkan freshgraduate didalamnya*.* Sehingga, kami dari Fakultas MIPA mengucapkan terima kasih kepada PHM atas kerja samanya dan semoga melalui kerja sama ini misi kami dapat tercapai,’’ ungkap Wiwit Suryanto dalam sambutan pembuka pada hari pertama.

Kegatan ini selaras dengan poin 9 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Infrastruktur, Industri, dan Inovasi serta poin 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui inovasi baru dalam memanfaatkan peluang teknologi untuk mencapai pekerjaan yang lebih efektif dan efisien dengan menjalin kolaborasi antara praktisi akademik dan industri. Selain itu, kegiatan ini mendukung tercapainya poin 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi melalui keterlibatan freshgraduate dalam tim riset guna mempersiapkan mereka terjun ke dunia kerja yang sebenarnya.

Penulis : Septrilia Restu H.
Foto : Septrilia Restu H.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.