Kolaborasi Internasional : Mahasiswa Sarjana Fisika UGM Diterima Program Intensif dengan I-Shou University Taiwan

Yogyakarta, 12 Juni 2024, Program Studi Fisika UGM kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan internasional melalui kolaborasi dengan i-Shou University, Taiwan. Sebanyak enam mahasiswa sarjana Fisika UGM berhasil diterima dalam program intensif “Post-Baccalaureate Two-Year Bachelor’s Degree Program” yang diselenggarakan bersama i-Shou University. Program ini dirancang untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dalam bidang semikonduktor, memberikan pengalaman belajar internasional, serta memperluas jaringan akademik dan profesional mereka. Para peserta akan menjalani masa studi yang intensif di Taiwan, memanfaatkan fasilitas dan keahlian yang tersedia di i-Shou University kemudian mahasiswa akan langsung mendapatkan kesempatan bekerja selama 2 tahun di mitra perusahaan taiwan.

Dr. Juliasih Partini, S.Si., M.Si. Selaku penanggung jawab program intensif ini di Prodi Fisika UGM, menyatakan bahwa program ini memberikan pengalaman akademik yang baru, memperluas pengalaman internasional bagi para mahasiswa dan memberikan kesempatan untuk langsung bekerja di Taiwan. “Kami berharap program ini membantu mahasiswa kami untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja,” ujar Dr. Juliasih.

Salah satu mahasiswa yang diterima dalam program ini Yehezkiel, mengungkapkan antusiasmenya terhadap program ini. “Kesan saya tentang program ini sangat positif sebagai peluang bagi teman-teman fisika untuk mengembangkan karier di bidang industri, terutama material semikonduktor, dengan dukungan beasiswa dari universitas di Taiwan yang dapat memperkaya pengalaman dan ilmu kita, saya berharap semakin banyak teman-teman fisika yang mengikuti program ini dan melihat manfaat besarnya dalam menyalurkan pengetahuan di industri profesional Taiwan.,” kata Yehezkiel.

Pihak I-Shou University Prof Huang menyampaikan “Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapat pelatihan seperti kemampuan berbahasa Mandarin, Semikonduktor dan kompetensi lainnya. Setelah lulus, mahasiswa akan diarahkan untuk bekerja di industri dengan mitra perusahaan I-Shou University untuk mendapatkan pengalaman kerja di taiwan. Kemudian selamat kepada para mahasiswa yang diterima pada program intensif kali ini,” kata Prof. Huang.

Setelah menyelesaikan program intensif, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan bekerja di Taiwan melalui perusahaan mitra i-Shou University. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman kerja internasional, tetapi juga memperluas peluang karir mereka di masa depan. Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen program studi Fisika UGM dalam terus berinovasi dan berkontribusi dalam dunia pendidikan global. Dengan adanya program ini, Program Studi Fisika UGM berharap dapat terus mencetak lulusan yang unggul dan siap bersaing di kancah internasional.

Program ini fokus pada peningkatan kualitas pendidikan melalui kolaborasi internasional dan kesempatan untuk belajar dalam lingkungan akademik yang baru. Poin SDG 4 Quality Education. Program memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja internasional di Taiwan, yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pekerjaan yang layak. Poin SDG 8: Decent Work and Economic Growth. Program ini menekankan pada bidang semikonduktor, yang merupakan bagian dari industri dan inovasi teknologi. Selain itu, keterlibatan dalam program ini mendukung pengembangan infrastruktur akademik dan profesional. SDG 9: Industry, Innovation, and Infrastructure.Kolaborasi antara Program Studi Fisika UGM dan i-Shou University menunjukkan kemitraan internasional yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan dan kerja sama. Poin SDG 17: Partnerships for the Goals.Program ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendidikan tetapi juga menciptakan peluang kerja dan mendukung inovasi, serta memperkuat kemitraan internasional.

Penulis: Ahmad Fathan

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.