Tumbuhkan Semangat Belajar: Departemen Fisika UGM Gelar Sosialisasi Program Studi di SMAN 2 Bantul

Bantul, 19 Juli 2024 – Departemen Fisika UGM mengadakan sosialisasi program studi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bantul. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari permohonan yang diajukan oleh pihak sekolah dan bagian dari Bimbingan Akademik yang diselenggarakan untuk siswa kelas XI dan XII dalam rangka mempersiapkan mereka memasuki Tahun Pelajaran 2024/2025.

Sosialisasi ini dilakukan dalam dua sesi, yaitu pukul 07.15 WIB hingga 08.45 WIB untuk siswa kelas XI, dan pukul 08.45 WIB hingga 10.15 WIB untuk siswa kelas XII. Tim sosialisasi dari Departemen Fisika yang ikut andil dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng (Kepala Departemen Fisika), Dr.rer.nat. Herlan Darmawan, M.Sc (Sekretaris Prodi S1 Geofisika), Dr. Juliasih Partini, S.Si., M.Si. (Sekretaris Prodi Fisika), dan Muhammad Arifin, M.Sc., Ph.D. (Kepala KBK Fisika Material dan Instrumentasi). Prof. Dr. Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng. dan Muhammad Arifin, M.Sc., Ph.D memberikan presentasi mengenai kurikulum, fasilitas laboratorium, peluang riset, produk riset, serta prospek karir bagi lulusan program studi fisika dan geofisika.

Perwakilan dari program studi Geofisika, Dr.rer.nat. Herlan Darmawan, M.Sc menjelaskan hal-hal seputar ke-geofisika-an, seperti seleksi masuk, kuota, bidang kerja, hingga deretan alumni geofisika yang telah sukses berkarir. Sementara Dr. Juliasih Partini, S.Si., M.Si., selaku perwakilan dari program studi fisika, juga memaparkan hal-hal terkait prodi fisika termasuk adanya peluang dual degree program bersama Lunghwa University of Science and Technology (Taiwan). Beliau menuturkan bahwa alumni-alumni fisika UGM berkarir di banyak bidang mulai dari akademisi, peneliti, sektor industri hingga wirausaha.

Antusiasme siswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan mengenai proses seleksi masuk hingga peluang kerja setelah lulus dari Program Studi Fisika maupun Geofisika UGM. 

Apa prospek kerja lulusan geofisika dan apa saja yang dipelajari ketika menjadi mahasiswa geofisika?”, tanya Amel, salah satu siswi kelas XII IPA.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan semakin banyak siswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UGM dan memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Saya doakan yang hadir di sini banyak yang bisa masuk UGM, khususnya S1 Fisika atau S1 Geofisika,” ujar Prof. Edi Suharyadi.

Diharapkan siswa-siswi SMAN 2 Bantul semakin termotivasi untuk mengejar cita-cita mereka, serta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Departemen Fisika UGM tidak hanya mendukung perkembangan akademis siswa, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian berbagai target dalam SDGs, terutama yang berkaitan dengan Pendidikan Berkualitas (SDG 4), Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG 8), Industri, Inovasi dan Infrastruktur (SDG 9), dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (SDG 17).

Kontributor: Dina Wardiningsih, Rafida Salma Rahmawati

Foto: Rafida Salma Rahmawati, Dina Wardiningsih

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.