Workshop Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Departemen Fisika UGM 2023-2027: Upaya Mengarahkan Kegiatan Tri Dharma untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)

Beradaptasi dengan kegiatan pasca pandemi COVID-19, Departemen Fisika UGM mengarahkan upaya kegiatan Tri Dharma agar berkaitan erat dengan Sustainable Development Goals (SDGs), sebuah kerangka kerja global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Dalam hal ini, Departemen Fisika dan FMIPA UGM tidak hanya beradaptasi namun turut serta dalam membangun masyarakat yang lebih sehat, kuat, berkelanjutan, dan inklusif untuk masa depan yang lebih baik. 

Dokumentasi: Pemaparan laporan kemajuan oleh masing-masing perwakilan tim

Pada Hari Rabu, 7 Februari 2024, Departemen Fisika UGM mengadakan workshop penyusunan Dokumen Rencana Strategis (RENSTRA) di The Phoenix Hotel Yogyakarta. Acara ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop penyusunan RENSTRA yang sebelumnya telah dilakukan pada 24 Januari 2024. RENSTRA Departemen Fisika disusun oleh pengurus departemen, pengurus program studi, koordinator KBK, kepala laboratorium serta dibantu oleh Tenaga Harian Lepas. Pada kegiatan sebelumnya, telah dibentuk empat tim yang membahas topik yang berbeda: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Sumber Daya Pendukung. Pada kegiatan ini masing-masing tim yang telah berdiskusi secara internal tersebut memberikan pemaparan hasil upaya kristalisasi dari tiap topik untuk dikaji bersama serta dilanjutkan dengan finalisasi RENSTRA. 

“Hierarki penyusunan RENSTRA ini bersifat top down, searah pada semua aspek sehingga proses penyusunannya tidak dimulai dari nol, lebih pada penghalusan dan penyesuaian karakter masing-masing unit.” ujar Prof. Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D.

Dokumentasi: Kegiatan diskusi lanjutan dan finalisasi RENSTRA

Acara Workshop penyusunan RENSTRA ini bukan hanya langkah administratif namun juga langkah konkrit untuk mencapai beberapa target SDGs yang terkait. Departemen Fisika melalui adaptasi kegiatan Tri Dharma berkontribusi pada SDG poin ke-3 dengan fokus pada pembangunan masyarakat yang lebih sehat, terutama dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19. Selain itu, melalui kegiatan penyusunan RENSTRA, Departemen Fisika menciptakan landasan untuk pendidikan berkualitas yang sesuai dengan SDG poin ke-4. Visi dan misi departemen yaitu mencetak pemimpin inovatif dalam bidang fisika dan geofisika untuk masa depan yang berkelanjutan. Kegiatan Workshop ini mencerminkan komitmen untuk mendukung SDG poin ke-9 dengan fokus pada inovasi dan pengembangan teknologi di Departemen Fisika, yang diharapkan dapat memberi kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan industri dan infrastruktur yang berkelanjutan. Dalam penyusunan RENSTRA ini melibatkan berbagai pihak seperti dosen pengurus departemen, pengurus Prodi, koordinator KBK, kepala laboratorium, dan Tenaga Harian Lepas, workshop ini menciptakan kemitraan dan kolaborasi yang sesuai dengan semangat SDG poin ke-17. Kolaborasi ini dianggap sebagai langkah strategis dalam mencapai tujuan bersama.


Dokumentasi: Foto bersama seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyusunan RENSTRA

Penyusunan RENSTRA Departemen Fisika UGM diharapkan tidak hanya hanya memenuhi kebutuhan internal Departemen, tetapi juga memberikan dampak yang positif pada masyarakat secara luas sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs. Departemen Fisika berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi demi mendukung pembangunan berkelanjutan yang inklusif.

Penulis : Dina Wardiningsih

Foto : Hery Purwanto

Editor: Chalis Setyadi

Keywords: RENSTRA, Pembangunan Berkelanjutan, Departemen Fisika

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.