Dua Hari Penuh Inspirasi: Departemen Fisika UGM Sambut Mahasiswa Baru dengan Eksplorasi Laboratorium dan Pengenalan Kelompok Bidang Keahlian

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru program magister dan doktor Tahun Ajaran 2024/2025 Gasal, Departemen Fisika bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Fisika (HMPF) UGM menggelar acara sapa sambut dan Pengenalan Kelompok Bidang Keahlian yang ada di Fisika UGM. Acara ini bertujuan tidak hanya untuk menyambut kehadiran mahasiswa baru, tetapi juga untuk memberikan pengenalan tentang Kelompok Bidang Keahlian yang ada di Fisika UGM sebagai langkah awal memahami alur perjalanan akademis yang akan ditempuh.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring selama dua hari ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mencerminkan komitmen UGM dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yaitu “Pendidikan Berkualitas,” yang mengedepankan akses pendidikan tinggi yang inklusif dan berkualitas bagi semua. 

Pada hari pertama, Kamis, 8 Agustus 2024 kegiatan dilaksanakan di ruang Sidang 1 Departemen Fisika UGM. Acara dimulai dengan sambutan dan pemaparan kurikulum program studi doktor dan magister oleh ketua program studi dan sekretaris program studi.

Dalam sesi ini, mahasiswa diberikan gambaran menyeluruh tentang program studi terkait informasi akademik, Rencana Studi, peluang penelitian, serta fasilitas yang tersedia untuk mendukung perkembangan akademis mereka. Hal ini mencerminkan upaya UGM dalam memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki akses ke informasi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk sukses dalam pendidikan mereka.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengenalan Kelompok Bidang Keahlian (KBK) yang ada di Fisika UGM oleh masing-masing koordinator. Setiap koordinator KBK memaparkan terkait bidang penelitian-penelitian yang telah dilakukan maupun yang sedang dilakukan, proyek kolaboratif, peluang karir, serta matakuliah-matakuliah yang berkaitan dengan KBK. Inisiatif ini tidak hanya membantu mahasiswa dalam memilih jalur akademik yang sesuai dengan minat mereka tetapi juga menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam bidang sains, yang berkontribusi pada SDGs nomor 9, “Industri, Inovasi, dan Infrastruktur.”

Pada hari kedua, Jumat, 9 Agustus 2024, mahasiswa baru diajak keliling mengunjungi laboratorium-laboratorium yang ada di Gedung Fisika UGM. kegiatan Tour lab ini dilakukan agar mahasiswa baru dapat melihat secara langsung fasilitas dan peralatan yang tersedia di laboratorium, membantu mereka memahami alat-alat yang apa yang dapat mereka gunakan selama studi dan penelitian. Selain itu, mahasiswa dapat melihat berbagai bidang penelitian yang dilakukan di laboratorium, yang dapat membantu mereka dalam memilih topik atau bidang penelitian yang sesuai dengan minat dan tujuan akademik mereka. 

Laboratorium-laboratorium yang dikunjungi oleh mahasiswa baru diantaranya yaitu Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi (Lt. 3) , Laboratorium Geofisika (Lt.3), Laboratorium Fisika Atom dan Inti (Lt.2), Laboratorium Citra (Lt.3), dan Laboratorium Laser dan Akustik (Lt.1). Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai pengenalan fasilitas tetapi juga sebagai sarana untuk membangun kompetensi praktis mahasiswa, mendukung SDGs nomor 8, yaitu “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” dengan menyediakan pendidikan yang berorientasi pada keterampilan dan penelitian.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa baru diharapkan lebih mengenal lebih mendalam terkait program studi serta bidang riset yang akan ditekuni selama masa perkuliahan di Fisika UGM. Langkah ini sejalan dengan visi UGM dalam mencetak lulusan yang berkompeten dan berdaya saing global, mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan berkelanjutan.

Kontributor: Dina Wardiningsih
Dokumentasi: Tim Media HMPF, Rafida Salma Rahmawati

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.