Departemen Fisika UGM Terima Kunjungan dari Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material BRIN untuk Diskusi Kolaborasi Riset

Yogyakarta, 25 Juli 2024 – Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan dari tim Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Kamis, 25 Juli 2024. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka diskusi penjajakan potensi kolaborasi riset dan pengembangan teknologi.

Delegasi dari BRIN yang hadir dalam kunjungan ini disambut hangat oleh Prof. Dr.Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng., Ketua Departemen Fisika FMIPA UGM beserta jajaran dosen. Dalam pertemuan yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, kedua belah pihak berdiskusi mengenai berbagai peluang dan potensi untuk melakukan kolaborasi riset di bidang nanoteknologi dan material.

Beberapa topik di bidang Riset Nanoteknologi dan Material BRIN meliputi beberapa aspek diantaranya Device/Components/System, Materials/Functions, Common Infrastructures (Science and Technology Fundamentals), dan Nanoscience. Fokus utama dari diskusi ini adalah untuk mengidentifikasi area riset yang dapat dikembangkan bersama, serta merancang program-program penelitian yang inovatif dan aplikatif.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga memaparkan tentang program beasiswa S3 yang mereka tawarkan. Program beasiswa ini dirancang untuk mendukung para peneliti dan akademisi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang doktoral di bidang-bidang yang terkait dengan riset dan inovasi. BRIN menjelaskan secara rinci mengenai persyaratan pendaftaran, manfaat yang akan diterima oleh penerima beasiswa, serta dukungan yang akan diberikan selama masa studi.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi awal dari banyak kerjasama riset yang produktif antara BRIN dan UGM (SDG 17). Kolaborasi riset dan pengembangan teknologi di bidang nanoteknologi dan material, mencerminkan komitmen terhadap pembangunan Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (SDG 9). Melalui beasiswa yang ditawarkan diharapkan juga dapat membantu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dalam bidang riset, sehingga dapat berkontribusi lebih besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia (SDG 4).

Kontributor: Rafida Salma Rahmawati, Dina Wardiningsih

Dokumentasi: Ahmad Fathan

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.