HMPF x FMIPA Adakan Workshop Penulisan Ilmiah : Menulis di Jurnal Bereputasi itu “Mudah”

Yogyakarta, 22 Juli 2024 – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Fisika (HMPF) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar acara seminar penulisan ilmiah dengan tema “From research to publication: enhancing scientific writing skills for global recognition”. Bertempat di ruangan auditorium A106 FMIPA UGM pada tanggal 22 Juli 2024. Acara ini terbuka untuk umum dengan menghadirkan pembicara dari University of Birmingham, Dr. Ruchi Gupta yang memiliki rekam jejak publikasi yang sangat baik. Acara seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat civitas akademika untuk tidak takut untuk mencoba dan meningkatkan semangat untuk menulis di jurnal internasional bereputasi.

Acara diawali dengan sambutan dari Prof. Drs. Roto, M.Eng., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan sekaligus membuka acara seminar ini. Prof. Roto juga mengatakan bahwa penulisan ilmiah merupakan hal yang menarik untuk dibahas untuk civitas akademika dan juga berharap agar pemaparan materi tersebut dapat berguna di masa depan. Tidak lupa juga, mengingat pembicara berasal dari luar negri, acara seminar ini diadakan dengan bahasa inggris.

Acara berlangsung selama kurang lebih tiga jam dan dipandu oleh Eldiana Rully Arsetiyani, S.Si. selaku pembawa acara sekaligus moderator dalam acara ini. Dr. Ruchi Gupta membawakan acara seminar dalam bentuk diskusi dengan peserta, dimana 30% dilakukan dengan penyampaian materi dan 70% dilakukan dengan cara peserta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Dr. Gupta. Peserta juga secara tidak langsung dipaksa untuk aktif dalam acara yang membuat acara seminar terkesan lebih hidup dan penuh diskusi antara peserta dan Dr. Gupta.

Jika membahas mengenai isi, presentasi dari Dr. Gupta mengandung materi yang cukup beragam dengan topik penulisan ilmiah. “Research to Publication is a long procedure with lots of detail to guarantee the rewards”, sehingga bukanlah suatu masalah apabila kita membutuhkan waktu yang lama untuk mempublikasikan hasil penelitian kita. Dr. Gupta juga menjelaskan pentingnya peran logika dalam penulisan dengan format IMRaD (Introduction, Methodology, Result, dan Discussion/Conclusion). Selain itu, Dr. Gupta juga menjelaskan tata cara penulisan abstrak dengan urutan Why? What? How? So What? Untuk menegaskan pentingnya penelitian kita di mata para peneliti lainnya. Namun kembali lagi, tujuan dari semua ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penulisan kita, terutama untuk penulisan tugas akhir maupun artikel.

Acara diakhiri dengan foto bersama Dr. Ruchi Gupta yang telah memberikan ilmunya terfokus pada logika dan tata cara menulis di artikel bereputasi internasional. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk melatih civitas akademika untuk segala jenjang agar tidak takut untuk mencoba menulis di artikel bereputasi. Para peserta juga diberikan pesan untuk terus mencoba dan menulis, karena hanya dengan itu kemampuan kita untuk menulis akan terus meningkat. Kegiatan ini juga mencerminkan bahwa pembelajaran tidak hanya dilakukan secara tertulis di dalam kelas saja. Ada beberapa pelajaran yang hanya bisa didapatkan dari pengalaman, baik itu dialami oleh kita sendiri ataupun pengalaman orang lain yang diceritakan kepada kita. Sebagai penutup, ingatlah untuk jangan takut untuk mencoba, karena satu juta langkah selalu dimulai dari satu langkah kecil.

Acara seminar ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan ilmiah di kalangan civitas akademika, yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat. poin SDG 4: Pendidikan Berkualitas (Quality Education). Dengan memfasilitasi peningkatan keterampilan penulisan ilmiah dan publikasi penelitian, seminar ini mendorong inovasi dan kontribusi terhadap penelitian yang berkualitas tinggi. poin SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (Industry, Innovation, and Infrastructure). Kehadiran Dr. Ruchi Gupta dari University of Birmingham menunjukkan adanya kemitraan internasional dalam bidang pendidikan dan penelitian, yang membantu dalam berbagi pengetahuan dan keterampilan global. Poin SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Partnerships for the Goals)

Penulis: Vincent Milano

Dokumentasi: Ihsan Nurijal dan Rachmadyanto

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.