Departemen Fisika UGM Perkenalkan Produk Inovasi pada MIPA UGM Business Gathering di Jakarta

Jakarta, 29 Juni 2024 – Dalam upaya menjembatani hasil riset akademis dengan kebutuhan industri, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) mengadakan MIPA UGM Business Gathering di Auditorium Kantor Pusat PLN, Jakarta. Acara yang digelar pada hari Sabtu, 29 Juni ini, bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk riset dan inovasi FMIPA kepada praktisi industri dan alumni guna mendukung sektor bisnis.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Departemen Fisika, Prof. Dr. Eng. Edi Suharyadi, menyampaikan paparan berjudul “Produk Inovasi Departemen Fisika UGM untuk Masa Depan.” Dalam presentasinya, Prof. Edi memperkenalkan 9 produk inovasi unggulan dari Departemen Fisika UGM yang siap dihilirkan untuk mendukung berbagai sektor industri.

Beberapa produk inovasi yang diperkenalkan antara lain:

  1. NanoHeal: Produk pembalut luka pasca operasi yang dihasilkan dari riset nanofiber, menawarkan solusi efektif dalam perawatan luka.
  2. NanoGlow: Produk yang dihasilkan dari riset nanofiber yang digunakan untuk masker wajah. 
  3. Electronic Tongue (Lidah Elektronik): Produk ini meniru indra pengecap manusia untuk mendeteksi dan menganalisis berbagai rasa atau komponen kimia. E-tongue dapat digunakan di industri makanan dan minuman, farmasi, diagnosa medis, dan lingkungan.
  4. Electronic Nose (Hidung buatan atau hidung elektronik): Produk ini meniru indra penciuman manusia untuk mendeteksi dan mengenali berbagai jenis gas. E-Nose dapat diaplikasikan di berbagai sektor seperti industri makanan dan minuman, diagnosa medis, keamanan dan pertahanan, penelitian, dan lingkungan. 
  5. Lensless Electronic Eye: Alat inovatif untuk deteksi kadar protein dalam darah, yang bisa digunakan untuk diagnosa medis dengan presisi tinggi.
  6. Hidroksiapatit (HA): Bahan untuk implan tulang yang bersumber dari limbah kulit/cangkang kerang dan tulang, mendukung upaya daur ulang dan keberlanjutan dalam bidang kesehatan.
  7. Gamadu Seismometer: Alat untuk deteksi gempa, baik tektonik maupun vulkanik, yang menawarkan solusi penting untuk mitigasi bencana.
  8. Photoacoustic Imaging: Teknologi non-invasif untuk menghasilkan citra jaringan periodental dan gigi karies, memberikan metode baru dalam bidang kedokteran gigi.
  9. Radiografi Sinar-X Fluoresens Digital: Alat canggih untuk aplikasi medis, mendukung diagnosa yang lebih akurat dan efisien.

Prof. Dr. Eng., Edi Suharyadi memaparkan Produk Inovasi Departemen Fisika UGM untuk Masa Depan

MIPA UGM Business Gathering ini diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi antara akademisi dan praktisi industri, serta memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan dunia industri. Melalui acara ini, FMIPA UGM berharap dapat mendorong hilirisasi produk riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan memajukan sektor bisnis di Indonesia.

Dengan adanya inovasi-inovasi tersebut, diharapkan Departemen Fisika UGM dapat terus berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan industri.

Oleh:
Kontributor : Edi Suharyadi, Dina Wardiningsih
Dokumentasi : Tim Media

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.