Seminar Rebon: Studying Galaxy with Citizen Science Project, Galaxy Cruise

Seminar Rebon merupakan salah satu kegiatan rutin Departemen Fisika, sebagai tempat berdiskusi serta bertukar pikiran tentang riset, kajian dan fenomena sesuai Kelompok Bidang Kajian yang ada di Fisika UGM. Pada 13 Maret 2024, Seminar Rebon mengusung tema mengenai dunia astronomi dengan topik “Studying Galaxy with Citizen, Science Project Galaxy Cruise” yang dibawakan oleh Dr. Itsna Khoirul Fitriana dari National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) selaku narasumber. Kegiatan seminar kali ini dilaksanakan secara hybrid bertempat di Auditorium Lantai 7 FMIPA UGM serta via Zoom Meeting.

Penyerahan Souvenir dari Fakultas MIPA UGM, yang diberikan oleh Prof. Dr.Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng kepada Dr. Itsna Khoirul Fitriana

Seminar ini diawali dengan sambutan dari Prof. Dr.Eng. Edi Suharyadi, S.Si., M.Eng. selaku Ketua Departemen Fisika, dilanjutkan dengan penyerahan souvenir. Dr. Itsna Khoirul Fitriana mulai memaparkan pengantar materi seputar galaksi, macam serta interaksi galaksi. Pembicara menyampaikan tentang Galaxy Cruise yang merupakan project astronomi dalam bentuk website yang bertujuan untuk mengajak masyarakat terlibat langsung dalam penelitian astronomi. Penyelenggaraan seminar ini penting karena diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap sains alam, terutama astronomi. Peserta seminar juga diajak untuk memperoleh pengalaman unik dalam memahami dan menikmati kecantikan gambar-gambar galaksi yang dihasilkan dari pengamatan teleskop Subaru (8.2m). Tak ketinggalan, di tengah seminar juga dilakukan sesi demonstrasi dan praktikal menggunakan website Galaxy Cruise, setelahnya ditutup dengan sesi tanya jawab.

Tampilan dari website project Galaxy Cruise

“Mengapa riset ini perlu melibatkan masyarakat, tidak menggunakan AI saja?”, ujar salah satu peserta dalam sesi tanya jawab. Dr. Itsna Khoirul Fitriana menyampaikan bahwa Project Galaxy Cruise ini sendiri merupakan bentuk interaktif, bagian dari edukasi kepada masyarakat melalui game yang menyenangkan. Sejauh ini, penggunaan AI lebih khusus Deep Learning sudah dikembangkan namun masih menggunakan data teleskop yang redup dan masih salah klasifikasi (fitur lemah). Oleh karena itu dikembangkan sistem baru yaitu ECSI yang menggunakan klasifikasi masyarakat. Di dalam sistem ECSI juga sudah dikembangkan AI (Machine Learning) akan tetapi tetap perlu dicocokkan dengan visual inspection yang membutuhkan bantuan dari masyarakat sebagai library. Library ini yang sedang dibangun melalui Project Galaxy Cruise.

Sesi foto bersama dengan peserta luring dan peserta daring

Pengenalan Project Galaxy Cruise oleh NAOJ melalui Seminar Rebon ini merupakan upaya yang mendukung pencapaian pilar ke-4 dan pilar ke-17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang berkaitan dengan pendidikan yang bermutu dan kemitraan untuk mencapai tujuan tersebut. Peserta dan masyarakat secara luas  diajak untuk memperoleh pengalaman interaktif melalui media edukasi berupa website Galaxy Cruise. Secara tidak langsung, masyarakat turut menyumbang data yang berguna untuk pembangunan berkelanjutan dan kewarganegaraan serta kemitraan global.

Author: Rafida Salma Rahmawati

Photos: Ahmad Fathan

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.