Workshop Penyusunan Rencana Strategis Departemen Fisika 2023-2027

Sebagai bagian dari FMIPA, Departemen Fisika menyusun sebuah Rencana Strategis (Renstra) untuk memberikan wadah bagi program-program, keunggulan, dan pengembangan yang khusus bagi Departemen Fisika. Renstra Departemen Fisika  2023–2027 ini disusun oleh Tim Task Force yang terdiri dari sejumlah senior di Departemen Fisika, pimpinan departemen, para pengurus prodi, laboratorium dan KBK.

Pada tanggal 24 Januari 2024, Departemen Fisika UGM mengadakan workshop penyusunan Rencana Strategis 2023-2027. Workshop kali ini dihadiri oleh hampir seluruh dosen Departemen Fisika dan mengundang 3 narasumber, yaitu: Prof. Dr. Agus Haryono. M.Sc. (Deputi Bidang Fasilitas Riset dan Inovasi BRIN); Prof. Dr. Kuwat Triyana. M.Si. (Dekan Fakultas MIPA); dan Bachtiar Rifai, S.Si. (Founder & CEO Volantis Technology).

Prof. Dr. Kuwat Triyana. M.Si. menyampaikan, Renstra FMIPA UGM memiliki empat tujuan strategis mencakup employability, reputasi akademik, kontribusi bagi penyelesaian masalah masyarakat dan kesejahteraan. Untuk mencapai tujuan strategis tersebut, FMIPA UGM menyediakan fasilitas pendukung seperti Career Center, Taiwan Center, Omah TI, Health Promoting University, dan masih banyak lagi. Keempat tujuan strategis tersebut akan dicapai dengan program-program strategis yang diikuti dengan indikator-indikator yang diambil dari target capaian kinerja (TCK) Departemen Fisika yang dimandatkan oleh FMIPA ditambah dengan indikator tambahan yang ditetapkan oleh Departemen Fisika.

Prof. Dr. Agus Haryono. M.Sc selaku Deputi Bidang Fasilitas Riset and Inovasi BRIN memaparkan bidang kajian seputar potensi-potensi penelitian di Indonesia. Bachtiar Rifai, S.Si. selaku Founder & CEO Volantis Technology turut memaparkan supply and demand terkait kualitas lulusan sarjana dengan kualifikasi kebutuhan industri. Oleh karenanya, menurut beliau diperlukan adanya wadah berupa pembekalan teknologi, entrepreneurship, dan industry/research landscape untuk mahasiswa, yang nantinya akan dieksekusi dalam bentuk kolaborasi riset sehingga menghasilkan tenaga kerja ahli siap pakai.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.