Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat datang di Website Departemen Fisika, semoga Anda sekalian dapat memperoleh informasi yang lengkap terkait informasi yang Anda perlukan. Departemen Fisika FMIPA UGM memiliki  visi: “Departemen Fisika berkelas dunia yang unggul dan inovatif dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan fisika, baik fundamental maupun terapan, serta menjadi pelopor dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia”. Departemen Fisika FMIPA UGM memiliki tiga misi, yaitu: (1) Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan S1, S2, dan S3, (2) Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan fisika, baik fundamental maupun terapan, (3) Melaksanakan kegiatan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan yang hendak dicapai oleh Departemen Fisika FMIPA UGM adalah terwujudnya Departemen Fisika sebagai bagian dari Fakultas MIPA UGM menjadi Departemen yang unggul di Indonesia dengan prestasi dan reputasi internasional melalui:

  1. Pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul (perilaku, sikap mental, kepemimpinan) dan kompeten (pengetahuan, ketrampilan, kreativitas dalam penyelesaian masalah)
  2. Penelitian yang hasilnya diakui sebagai rujukan nasional bereputasi internasional, serta mampu menjawab permasalahan di masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Pengabdian Kepada Masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan berbasis keunggulan ilmu Fisika dan Geofisika yang berlandaskan Pancasila untuk menjaga keutuhan NKRI.
  4. Tatakelola departemen yang baik, efektif, efisien dan produktif dengan dilandasi sikap partisipatif, akuntabel dan transparan dalam pemanfaatan sumber daya.
  5. Kerjasama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, industri, pemerintah dan masyarakat guna mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan posisi di tingkat global.

Untuk mewujudkan visi dan misi dan mencapai tujuan tersebut, Departemen Fisika menyelenggarakan 4 program studi (prodi), yaitu Prodi S1 Fisika, Prodi S1 Geofisika, Prodi S2 Fisika dan Prodi s3 Ilmu Fisika. Keempat prodi tersebut didukung oleh 4 laboratorium, yaitu Laboratorium Fisika dasar, Laboratorium Fisika Atom dan Inti, Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi,  serta Laboratorium Geofisika.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh