S2 Fisika

Visi Misi, Tujuan, dan Sasaran

Visi Program Studi

Menjadi program S2 Fisika yang unggul secara nasional dan dikenal baik secara internasional dalam berbagai aspek kegiatan akademik, serta menghasilkan lulusan S2 Fisika yang kompeten dan berkualitas serta dapat dibanggakan di tingkat nasional dan diakui di tingkat internasional.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas dalam bidang-bidang dasar Fisika, yaitu Mekanika Klasik, Mekanika Kuantum, dan Elektrodinamika, yang dapat memberikan dasar pemahaman Fisika yang mendalam bagi pengkajian cabang-cabang Fisika Lanjut.
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas dalam berbagai bidang Fisika Lanjut yang dapat menyiapkan mahasiswa untuk melakukan penelitian Fisika secara mandiri.
  3. Menyelenggarakan proses pembimbingan dan pendampingan dalam penelitian untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat melakukan kegiatan penelitian Fisika yang berkualitas.

Tujuan Program Studi

Menghasilkan lulusan master Fisika yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Menguasai bidang-bidang kajian dasar Fisika yang meliputi Elektrodinamika, Mekanika Kuantum, dan Mekanika Klasik; yang memungkinkannya untuk memperluas dan/atau memperdalam suatu bidang kajian Fisika Lanjut.
  2. Menguasai secara mendalam salah satu disiplin ilmu Fisika sehingga mampu menghasilkan karya yang inovatif dan teruji.
  3. Mampu menyelesaikan permasalahan kompleks dalam Fisika melalui pendekatan multidisiplin.
  4. Mampu merencanakan dan mengelola riset dengan baik sehingga dapat menghasilkan karya riset yang berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di jurnal ilmiah bereputasi tingkat nasional ataupun internasional.

Sasaran

Untuk periode tahun 2017-2022 sasaran-sasaran dalam rangka mewujudkan visi, misi, dan tujuan Program Studi S2 Fisika tersebut di atas adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya pembelajaran berbasis riset baik fundamental maupun terapan. Pembelajaran berbasis riset bermakna bahwa (a) konten pembelajaran selalu terkait dengan perkembangan hasil-hasil riset atau memberi arah perkembangan riset bidang terkait, (b) mahasiswa terlibat dalam riset-riset yang dikerjakan oleh para dosen. Keterlibatan semacam itu diharapkan mampu memberi bekal serta melatih mahasiswa untuk dapat memecahkan permasalahan yang akan dihadapi dalam dunia nyata di masyarakat maupun untuk mempersiapkan mereka untuk bekerja sebagai akademisi dan peneliti.
  2. Peningkatan reputasi internasional dalam bidang akademik. Reputasi internasional terkait dengan pengakuan oleh dunia internasional. Reputasi internasional dalam bidang pendidikan berarti pengakuan dunia internasional terhadap lulusan kita atau dijadikannya program studi kita oleh masyarakat internasional sebagai pilihan dalam melanjutkan pendidikan. Reputasi internasional juga dapat dilihat dari meningkatnya publikasi bereputasi Internasional yang dihasilkan mahasiswa dan ikut memberi warna bagi perkembangan riset yang ada.
  3. Peningkatan kerjasama internasional. Peningkatan jejaring kerjasama internasional terkait sangat erat dengan peningkatan reputasi internasional, yakni saling mendukung satu dengan yang lain. Terjalinnya kerjasama internasional dapat dipandang sebagai pengkauan atas reputasi internasional institusi dan, sebaliknya, adanya kerjasama internasional dapat meningkatkan reputasi internasional.

Strategi Pencapaian Sasaran

1. Terwujudnya pembelajaran berbasis riset baik fundamental maupun terapan.

Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  • Menerapkan pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning).
  • Mewujudkan atmosfer pembelajaran berbasis riset, dengan mengadakan seminar, studi banding, focus group discussion, dan lain sebagainya.

2. Peningkatan reputasi internasional dalam bidang akademik.

Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  • Meningkatkan publikasi ilmiah mahasiswa di jurnal tingkat nasional dan internasional.
  • Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah berupa seminar tingkat nasional dan internasional.

3. Peningkatan kerjasama internasional.

Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  • Menyelenggarakan program double degree dengan universitas luar negeri yang bereputasi Internasional.
  • Menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas luar negeri yang bereputasi Internasional.
  • Menyelenggarakan program visiting scholar.

Klik link berikut untuk membuka Buku Panduan.

Buku Panduan Program Studi S2 Fisika


SEKRETARIAT Deparatemen Fisika FMIPA UGM
Sekip Utara Yogyakarta Telp/Fax: (0274) 545185