Bulan syawal identik dengan saling memaafkan. Setiap komunitas maupun instansi pasti sering mengadakan sebuah acara syawalan atau yang biasa disebut dengan halal bi halal, seperti halnya dengan departemen fisika. Pada tanggal 11 Juli 2017 lalu, diadakan acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Departeemen Fisika FMIPA UGM. Acara ini dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan, juga turut mengundang mahasiswa S1, S2, dan S3 untuk meramaikan acara.

Acara halal bi halal yang dikelolah oleh tenaga kependidikan (tendik) departemen fisika ini diadakan di Goebog Resto, jalan wonosari. Halal bi halal dibuka pukul 10:00 dan diawali dengan pembacaan tilawatil Qur’an oleh Bapak Catur Jaka Priyanta, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua Departemen Fisika, Bapak Mitrayana. Pada sambutan tersebut, Pak Mitrayana memberikan beberapa pengumuman di antaranya akan diresmikan ruang sidang departemen fisika yang baru, kemudian mulai tahun ini akan diadakan program gelar ganda (double degree program) untuk program S2 Fisika yang bekerja sama dengan Kanazawa University. Pada tahun ini pula akan dibuka empat kelompok bidang keahlian (KBK) baru serta pembaharuan kurikulum untuk program S1, S2, dan S3.

Selepas beberapa pengumuman penting tersebut, acara dilanjutkan dengan hikmah halal bi halal yang disampaikan oleh Bapak Guntur Maruto. Dalam sesi tersebut, Pak Guntur menyampaian pesan tentang pentingnya menjalin silatirahmi. Acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada Bapak Guntur Maruto dan Bapak Wahyudi yang telah mendapat kehormatan purna tugas sebagai dosen departemen fisika. Acara berakhir pada pukul 11:30, ditutup dengan saling berjabat tangan dan makan siang bersama.